Jumat, 23 September 2011

kuliah obsetri ginekologi








kuliah obgyn hari ini , by dr hermanto tj spOG


ngomongin kehamilan nih
sebagai cewek ada baiknya kita ngerencanaan kehamilan sejak dini. maksudnya bukan nyuruh-nyuruh cepatan kawin, tapi menyusun rencana. rencananya nanti kamu mau punya anak berapa, trus apakah nanti kamu mau nikah dulu, hamil, trus baru sekolah lagi. atau nekat aja kuliah sambil hamil? yup itu semua kudu ada perncanaan yang matang. biar kita ga merugikan masa depan anak kita nanti.
tau gak boii temuan di dunia obgyn baru-baru ini? sudah terbukti ternyata Otak janin yang sedang tumbuh membutuhkan rangsangan dari luar sedangkan suara merupakan faktor pertumbuhan intrauteri. artinya kata-kata baik akan berpengaruh baik karena dindengar si janin dan sebaliknya, kata-kata yang buruk akan berpengaruh buruk pada anak nantinya. kalo ga percaya bisa boii liat respon bayi kaya apa di dalem perut dengan alat ultrasonografi 4d. di situ keliatan banget kalo si bayi senyum :), menguap :0, mikir :/, atau sedih :(.

sekali lagi apa2 yang dilakukan si ibu dan lingkungan sekitar berikan, ngaru banget ke kepribadian si bayi. sebagai contoh, seorang bayi yang baru dilahirkan selalu menangis ketika ia disusukan ke ibu yang melahirkannya. seolah-olah ia benar-benar tidak mengingikan asi sama sekali. namun, uniknya ketika bayi ini dicoba disusukan ke orang lain, ia terdiam dan mau menikmati asi dari ibu yang tidak melahirkannya. ternyata, usut punya usut, saat kehamilan ternyata ibu kandung sang bayi tidak suka dengan kehadiran janin di rahimya. semacam kehamilan yang tidak diingikan. inilah salah satu contoh bahwa psikologis sang ibu ketika hamil sangat mempengaruhi jiwa anak. ingin anak yang sifatnya kayak apa tergantung si ibu, apakah pengendalian diri ibu baik atau sebaliknya.

setiap individu itu punya hak :). janin adalah individu, bukan komodity (yang bisa jadi sumber pendapatan dr obgyn), bukan "no body" karena dia hidup,dan bukan pasien karena dia tidak sakit. hak si janin adalah mendapat stimulasi, kasih sayang, dan nutrisi yang tepat. semua itu boii, ga lain ga bukan cuma bisa didapat dari ibunya. apa jadinya jika periode emas sang bayi dibiarkan lewat begitu saja tanpa ketiga hal tadi.
anak yang akan dilahirkan sekarang adalah pemimpin bangsa ini di masa depan. masa depan bangsa ini bergantung ama wanita2nya, khususnya ibu.

pesen nih boii, ingat yak!!!
masa kehamilan itu....
- Bukan masa tunggu
- Periode emas
- Bukan menyiapkan persalinan(paradigma 9 bulan) tetapi menyiapkan seorang pemimpin(paradigma 90 tahun)
- Periksa hamil bukan hanya untuk persiapan persalinan dan deteksi komplikasi tetapi edukasi

*wanita emang harus kuat ya,kayak nyonya meneer

Tidak ada komentar: