Minggu, 27 September 2009

HARI INILAH HIDUPMU

Jika kamu berada pada pagi hari, janganlah menunggu sore tiba. Hari inilah yang akan anda jalani, bukan hari kemarin yang telah berlalu dengan segala kebaikan dan keburukannya, dan juga bukan esok hari yang belum tentu datang. (la tahzan, Aidh Al-Qarni)
Kata2 di atas mengingatkan pengalaman saya waktu masih sd. Dan ini buat temen2 sd gue yang jahat2,,, (loh, kok, bukan2, saya bukan marshanda). Pernah beberapa kali saya merasa depresi (baru tau anak sd kena depresi?), atau mungkin kurang tepat ya dibilang depresi, yah pokoknya waktu itu bener2 makan gak enak, ketakutan, suka merenung, mikir yang aneh2. Lebay pokoknya.
Awalnya dari mimpi, beberapa kali saya mimpi serem, kematian orang2 terdekat saya. Mimpi2 yang gak pasti itu bikin hidup saya g tenang, liat tv acara sinetron ato iklan yang ngomong ‘mati aja lo’, langsung gemeteran, pobia ma mua yang ada kata2 n berbau ‘mati’, apalagi yang semacem rahasia illahi (wektu saya sd uda ada belum sih?) bikin gak berani liat tv lagi. Ke kamar mandi gitu juga, liat sikat gigi anggota keluarga saya yang posisinya gak teratur,n mencar2(berserakan) langsung buru2 saya rapikan (ap hubungannya?), soalnya sikat gigi itu saya analogkan sama anggota keluarga, gak mau ada yang jatuh atau pisah ma yang laen, lebay abis! Pulang skul juga gitu, bayangin yang gak2, mikir macem2 kalo tiba2 saya pulang, n nyampe rumah banyak orang ngumpul n nangis2. Abis nyampe rumah ternyata damai2 aja langsung sujud syukur (ha2, y g mpe segitunya). Pokoknya waktu sd bener2 saya sok ngerasa sesuatu dalam bayangan saya bakal terjadi, sok2 punya indera ke 6 gitu, padahal toh Cuma mimpi.
Sekarang uda gede gini, baru nyadar, gak berguna banget mikirin sesuatu yang gak pasti, yang ada malah matiin semangat ngeraih masa depan, padahal waktu yang dipinjamkan buat kita ini terlalu limited buat nglakuin hal2 yang berguna, kenapa musti ngebuang waktu buat hal yang sia2 seperi kuatir ma hal yang gak jelas n belum tentu terjadi?!!. Begitu juga masa lalu, cukuplah masa lalu yang uda gak nyata itu menjadi pengalaman yang dapat kita petik hikmahnya, bukankah seorang muslim tidak akan jatuh pada lubang yang sama?!!, tidaklah berguna meratapi masa lalu yang menyedihkan karena kegagalan, atau menyalahkan kebodohan2 yang telah kita perbuat, semua itulah yang akan membuat kita jadi lebih baik kalo kita mau melihat makna yang ingin Allah sampaikan pada kita. Pintar2lah mengambil hikmah dari tiap kejadian, sekecil apapun kejadian itu, hindari kata2 ‘kok gini sih nasib saya?’

Tidak ada komentar: