Jumat, 05 Februari 2010

TIPS/KIAT SNMPTN/SPMB

Pengen kuliah dengan harga terjangkau di Universitas yang bagus? Semua juga pengen.
Di tulisan ini saya pengen berbagi pengalaman n ilmu yang saya punya agar ilmu saya ga Cuma nyangkut di otak yang masih terpenuhi nutrisinya ini, tapi bisa kebawa manfaatnya mpe akhirat.(serius) amiin.

Spmb atau sekarang namanya snmptn (entah besok apa lagi) adalah system penerimaan mahasiswa baru melalui jalur test tulis, yang sekarang dibagi mejadi dua bagian, tes akademik dan tes potensial akademik. Untuk lebih jelasnya, matpel untuk ipa apa aja n ips apa aja, serta tpa itu meliputi apa aja, silakan search aja di mbah google , he2. Kalo jaman saya, taun 2007-2008, Cuma ada tes akademik aja, ga pake tpa, sungguh beruntung!. Tapi jangan pesimis dulu, kalo ada kemauan n emank itu jalan kita, pasti dimudahkan koq.

Langsung ke tips-tipsnya,
1. Belajar soal
Yap, belajarlah soal sebanyak-banyaknya. Kalo kamu ada duit belilah soal2 spmb yang khusus mata pelajaran yang tersedia kunci jawabannya, kalo pengen gak bondo, pinjem aja. Missal, seribu satu soal spmb matematika. Pelajarilah tiap2 buku tersebut. Membaca pertama kali hanya sekedar memahami maksud soal, dan memahami maksud alur jawaban (untuk soal hitungan), dan gunakan logikamu sendiri (untuk soal b.inggris,biologi, dan mata pelajaran hapalan lainnya), agar maksud dari kunci jawaban mudah melekat, lebih enak lagi paksakan dirimu untuk menghafal dengan cara mengucapkan. Setelah selesai 1 bab, sekarang latihlah dirimu mengerjakannya mulai dari awal (terlalu mudah? Tentu saja, yang terpenting adalah bukan banyaknya soal yang kamu kerjakan, tapi berapa banyak soal yang sudah sangat mengendap di kepalamu), targetnya adalah soal yg pernah dikerjakn jangan sampai lupa, harus sudah hafal maksud dan jawabannya. Dan lanjutkan ke bab-bab berikutnya sampai semua buku terselesaikan.
Belilah soal2 spmb tahunan setelah menyelesaikan semua buku2 spmb khusus mata pelajaran tertentu. Jangan lupa belajar juga soal2 TPA.

2. Tetapkan target belajar
Kamu harus punya kemauan yang kuat, dan membuat target2 belajar. Minimal, sehari mengerjakan 100 soal (tak harus soal baru, soal yang sudah dikerjakan tapi belum terlalu melekat di otak lebih diutamakan). Kalo kamu jenuh seharian mengerjakan soal matematika yang memeras otak dan memakan waktu yang lama, kerjakan soal-soal yang tidak terlalu memakan waktu, misalnya, soal biologi, kimia, b.inggris, agar target 1 hari minimal 100 soalmu bisa terpenuhi.

3. Bimbel
Kalo kamu ikut bimbel, pelajari bab dari buku bimbingan belajar yang akan diterangkan besok dan coba kerjakan soal2nya hari ini. Jadi di tempat bimbingan tinggal me’recall dan memantapkannya di otak kamu.

4. Tryout
Ini poin yang penting, kerjakan soal-soal tryout spmb dengan santai untuk pertama kali, sambil membuka kunci jika ada soal yang susah dikerjakan sekaligus memahaminya. Setelah selesai, kerjakan lagi soal tersebut tanpa membuka kunci, dan target grade yang dicapai harus di atas 80%. Cara menghitung grade? Misalkan soal spmb total ada 150. Dan setiap soal yang benar mendapat poin +4, kosong 0, dan salah -1. Jika 150 soal dikerjakan dg benar poinnya adalah 600. Hitung total nilai yang kamu peroleh, missal benar 60, salah 15, dan kosog 75,maka nilaimu adalah 60x4+15x(-1)+0=225. Untuk menghitung grade, 225/600 x 100%= 37,5%


4. Gunakan waktu sebanyak mungkin untuk belajar
Mulai dari sekarang, dan hingga saat kamu uda masuk waktu libur sekolah segera mantapkan aksimu. Sebagai contoh, (ini juga yg bikin saya termotivasi), guru matematika saya pernah bercerita, beliau punya murid privat, sebut saja si A, saat pertama ikut try out , passing grade si A Cuma 17, cukup rendah, terang saja cz selama hidup jadi mahluk sma, si A kerjaannya cuma maen2, tiap hari balap mobil bareng anak2 genk, tak pernah kepikiran sama mavia(matematika kimia fisika) di sekolah. Karena shock gradenya jauh dari grade jurusan impiannya, si A bertekad akan merubah hidupnya. Mulailah ia megganti segala isi kamarnya yang full gitar2 mahal dengan buku2 penunjang kemampuannya menembus snmptn. Tiap hari si A mengurung diri di kamar dari pagi mpe malem tuk belajar, keluar kamar Cuma buat makan,shalat, n kepentingan2 darurat lainnya. Walhasil passing grade si saat menjelang snmptn sudah di atas 50.
Kalo ada kemauan keras pasti bisa deh, tinggal berdoa aja. Gak harus seperti si A, tapi mirip2lah kalo bisa.

5. Berdoa n mintalah doa sebanyak-banyaknya ke orang2 yang kamu kenal
Waktu2 doa dikabulkan yang paling top ya wektu sepertiga malam terakhir. Jangan lupa juga kalo sukses berterima kasihlah pada Allah, mereka yg kau mintai doa, khususnya mami n papi, karena doa di setiap sujud merekalah kita bisa berhasil.


Tambahan:
Perjuangan meraih cita2 dan karunia2 Allah yang saya dapat, terlampau indah buat saya yang bergelimangan dosa. Doa orang tua, saudara, sahabat, dan mungkin orang2 yang pernah saya sakiti, tentunya doa mereka yang membuat saya merasa jadi orang yang paling optimis meraih cita2, membuat gagal menjadi kesuksesan yang tertunda. Orang boleh tertawa, tapi bagi saya hal yang mustahil akan terjadi dengan usaha dan izin Allah. Gak percaya? Di SMA, saya bukan orang yang berprestasi di sekolah,haha, saya jauh dari itu, nilai pas2an, nonton TV wajib padahal PR numpuk, mau berangkat skul baru ngeliat jadwal pelajaran ama mikir, ‘ne hari matpelnya apa aja y??’, kalu beruntung ga ada peer Alhamdulillah, tapi sayang jarang banget saya beruntung gitu, yang ada tiap hari buru2 berangkat ninggalin my mom yg tengah nyuapin saya cz gak tega anaknya gak sarapan, sedang saya sibuk masukin buku2 ke tas, trus kabur ama angkot ke skul pagi2, yang tentunya buat minjem peer temen.(sarapan pagi yang bikin tambah laper bareng anak2 sejenis). Astaghfirullah =(.
Bukan maksud ngasih contoh yang gak bener , Cuma pengen buktiin YOU CAN IF YOU THINK CAN, dan pentingnya arti sebuah keyakinan , Allah akan mempermudah jalan seseorang mencari ilmu.
Yap, saya lulus SMA, saya punya sebuah cita2mulia, my dad bilang ‘nyari jurusan kuliah gak usah ngeliat cepet gaknya dapet kerjaan, tapi liat manfaatnya wat orang lain, cari ilmu, jangan cari duit’.
Tentunya bikin saya mantep milih satu jurusan yang tentunya banyak diminati juga ma manusia planet ini, dan tentu tidak mudah, apalagi buat orang g pinter, g kaya, ga cantik seperti saya.
Di sinilah peranan arti sebuah kepercayaan yag saya sebutkan di atas, dan ada satu hal yang bikin saya lebih pede, ‘IQ 135 yang belum saya maksimalkan potensinya’.
Dan wow, memang tidak mudah, ternyata diterima pada pilihan 2 SPMB/SNMPTN adalah jawaban dari doa , ‘ya Allah , berilah yang terbaik buat saya, Engkau yang Maha Mengetahui, sedang hamba tidak tau’. Mungkin diterima di pilihan ke2 bukan hal yang kau inginkan, tapi yang terpenting adalah proses, bukan hasil.
Memang kita harus ikhlas dan menerima hasil yang Allah berikan, tetapi, menerima dengan lapang dada bukan berarti membiarkan kesempatan yang ada terbuang percuma. Klo masih ada kesempatan usaha, usahalah meraih cita2mu. Waktu itu tanggapan teman2tentang keputusanku untuk ikut spmb lg bermacam-macam, lucu, ‘sudahlah mungkin ini yang terbaik, daripada nanti kamu gketerima tambah bingung kalu semester2 kamu lepas’, atau‘mau masuk jurusan itu minimal otaknya kaya si B(si B teman sekelas di sma yang peringkat1)’,apa lagi y, lupa. Whatever you say!!
Kedua kalinya saya mencoba ikut snmptn, dan Alhamdulillah impian itu nyata, subhanallah, kini ketrima pilihan pertama, now im medical student. Usaha keras, tawakkal, Oh Allah, indah sekali karuniaMu!
“maka ni’mat Tuhan manakah yang kamu dustakan?”
(Ar-rahmaan:55)

Tidak ada komentar: